SEJARAH FTI

Fakulas Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta (FTI-UPNVY) memiliki sejarah yang cukup panjang seiring dengan perkembangan UPN “Veteran” Yogyakarta. UPN “Veteran” Yogyakarta didirikan oleh Menteri Urusan Veteran RI berdasarkan Keputusan Menteri Nomor: 139/KPTS/Tahun 1958 tanggal 8 Oktober 1958 dengan nama Akademi Pembangunan Nasional (APN) “Veteran” sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Sebagai sebuah perguruan tinggi, APN “Veteran” memiliki tiga jurusan, yaitu Jurusan Geologi Pertambangan, Jurusan Ekonomi Pertanian, dan Jurusan Teknologi Perusahaan. Jurusan Teknologi Perusahaan inilah yang menjadi embrio Fakultas Teknik Industri di kemudian hari. Kuliah perdana APN “Veteran” diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 1958, yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi UPN ”Veteran” Yogyakarta.

Mulai tanggal 30 Juli 1965 berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Urusan Veteran dan Demobilisasi dengan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor: 140/KPTS/1965, APN “Veteran” Yogyakarta statusnya ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) “Veteran”. Sejalan dengan dinaikkannya status tersebut, maka jumlah bidang ilmu yang dikelola oleh PTPN “Veteran” juga bertambah. PTPN “Veteran” saat itu memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Teknik Perminyakan, Fakultas Tambang, Fakultas Teknik Kimia, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ekonomi. Teknologi Perusahaan yang semula dikelola pada tingkat jurusan menjadi naik pengelolaannya, menjadi tingkat fakultas dengan namanya berubah menjadi Teknik Kimia. Namun demikian Fakultas Teknik Kimia saat itu merupakan fakultas yang hanya menyelenggarakan satu jurusan, yaitu Jurusan Teknik Kimia.

Berdasarkan SK Menhankam RI Nomor: SKEP/1555/XI/1977 tanggal 30 November 1977, PTPN berubah menjadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan di bawah pembinaan langsung Departemen Pertahanan Keamanan RI c.q. Direktorat Jenderal Persmanvet. Kemudian, berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan Keamanan Nomor: Kep/01/II/1993 tentang Penataan Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” tanggal 27 Februari 1993, dilakukan perubahan organisasi UPN “Veteran” Pusat di Yogyakarta dan UPN “Veteran” Cabang di Jawa Timur (Surabaya) dan di Jakarta, dengan menghapus tingkat Pusat dan Cabang, masing-masing berdiri sendiri-sendiri. UPN “Veteran” Yogyakarta berkedudukan di Yogyakarta dan menyelenggarakan lima fakultas, yang terdiri atas: Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dengan demikian maka Fakultas Teknik Kimia berubah namanya menjadi Fakultas Teknologi Industri, yang diharapkan akan menyelenggarakan Jurusan Teknik Kimia dan Jurusan Teknik dan Manajemen Industri. Namun demikian, Jurusan Teknik dan Manajemen Industri saat itu belum dapat langsung berdiri karena masih perlu dilakukan persiapan.

Pada perkembangan selanjutnya, berdasarkan keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan Menteri Pertahanan RI Nomor: 0307/0/1994 dengan Kep/10/XI/1994 tentang Peningkatan Pengabdian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” melalui Pelaksanaan Keterkaitan dan Kesepadanan tanggal 29 November 1994, terhitung mulai 1 April 1995 status UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan berubah menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman (YKPBS). Dalam Keputusan tersebut, Fakultas Teknologi Industri merupakan sebuah fakultas yang mengelola tiga prodi, yaitu Prodi Teknik Kimia, Prodi Teknik dan Manajemen Industri, dan Prodi Teknik Informatika. Karena diperlukan adanya persiapan untuk kedua prodi yang terakhir, maka kedua prodi tersebut baru dapat menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 1995/1996 dengan nama Prodi Teknik Industri dan Prodi Teknik Informatika. Kuliah perdana di kedua Prodi tersebut diselenggarakan pada tanggal 28 Agustus 1995.

Perkembangan berikutnya Fakultas Teknologi Industri mendirikan Program Studi Diploma 3 (D3) Teknik Kimia mulai tahun akademik 2004/2005, berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan dari Dikti Nomor: 1340/D/T/2004 tanggal 12 April 2004. Kebutuhan lulusan pascasarjana direspon dengan didirikannya Magister Teknik Industri, yang hingga saat ini pengelolaannya berada di bawah Program Pascasarjana UPNVY. Kuliah perdana Magister Teknik Industri diselenggarakan pada tanggal 25 September 2006.

Pada tanggal 10 Agustus 2007 terbit Akte Notaris Imas Fatimah, S.H. Nomor: 27 tentang Akta Penggabungan Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman (YKPBS) dan Yayasan Satya Bhakti Pertiwi (YSBP) ke dalam Yayasan Kesejahteraan Perumahan Prajurit TNI, Anggota Polri, PNS, dan Pensiunan Dephan-TNI-Polri (YKPP). Berdasarkan Akta tersebut, maka UPN “Veteran” Yogyakarta yang semula diselenggarakan oleh YKBPS beralih menjadi di dalam pengelolaan YKPP.

Pada hari Senin  tanggal 6 Oktober 2014 telah dilaksanakan  peresmian UPN “Veteran” Yogyakarta  menjadi perguruan tinggi negeri.  Peresmian tersebut ditandai dengan ditandatanganinya prasasti  penegerian  oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono  bertempat di Markas Komando Armada Timur, Surabaya, Jawa Timur. Peresmian ini berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 121 Tahun 2014 tanggal 06 Oktober 2014 tentang Pendirian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta yang selanjutnya dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2015 tanggal 19 November 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Dengan adanya peraturan Menteri tersebut, maka sejak saat itu Fakultas Teknologi Industri berubah nama menjadi Fakultas Teknik Industri.

Perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat menjadi alasan utama bagi pembukaan Program Studi Sistem Informasi yang di perkuat dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 82/KPT/I/2016 Tanggal 03 Februari 2016 tentang Pembukaan Program Studi Manajemen Bencana Program Magister dana Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana pada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta di Yogyakarta. Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru dimulai pada Tahun Akademik 2017/2018. Kuliah perdana Program Studi Sistem Informasi diselenggarakan pada tanggal 21 Agustus 2017.


LINK